Info Rental Mobil Jakarta - Wirausaha rental kendaraan roda empat sepertinya bakal selalu prospektif sepanjang konsumen masih membutuhkan kendaraan guna keperluan transportasi pribadi. Salah satu perusahaan yang menjajakan service ini ialah AutoBridal Group. Penyedia Jasa yang juga mempunyai penawaran jasa salon kendaraan roda empat ini menyajikan jasa rental mobil melalui label bisnis AutoBridal Rent Car.

Jasa rental mobil ini bermula sejak tahun 2012 dan sekalian menawarkan kerjasama bisnis untuk saat yang sama. Kiki Charina Putri, Direktur Pemasaran AutoBridal Group bilang, bahwa saat ini AutoBridal Rent Car sudah mempunyai empat master franchise serta 5 cabang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Apabila ingin berpatisipasi menjadi mitra bisnis, AutoBridal Rent Car menawarkan 3 paket investasi. Pertama, model business unit mulai dari Rp 195 juta. Kedua, paket sub master seharga Rp 300 juta-Rp 500 juta, serta jenis master mulai biaya Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar. Adapula model kerjasama agen yang hanya bertugas sebagai penyambung antara mitra business unit dan sub master atau master franchise cuma butuh dana awal Rp 10 juta saja.

Fasilitas yang dimiliki rekanan diantaranya kontrak kemitraan hingga jangka waktu lima tahun. Untuk model business unit bakal memperoleh sebuah mobil model Avanza tipe e lansiran 2015. Adapun untuk paket kemitraan sub master dan paket business master akan mendapatkan tiga armada mobil jenis Avanza atau Innova tipe e lansiran 2015. Bedanya, luas wilayah sub master hanya menguasai area kota atau kabupaten, adapun model master menguasai area provinsi.

Riset
Penelitian yang dilakukan terhadap sekitar 1.363 partisipan kategori usia 25-34 tahun, yang sudah memiliki mobil sendiri, namun belum pernah menggunakan jasa sewa mobil Jakarta sejak enam bulan terakhir. Sebesar 79 persen mengungkapkan bahwa mempunyai mobil sendiri adalah hal utama. Plus, sejumlah 68 persen dari kategori itu mampu menggunakan teknologi terkini untuk memakai jasa rental mobil.

Kurt Kohler, Senior Vice President Enterprise Holdings Inc, percaya melalui hasil riset itu adalah salah satu bukti meyakinkan bahwa jasa rental mobil ialah metode terbaik bagi pabrikan untuk mempromosikan kendaraan teranyar yang mereka produksi kepada segmen anak muda.

"Beberapa tahun belakangan ini, kami memiliki 6 persen dari semua mobil yang diedarkan di USA. Produsen sudah mengetahui bahwa issue ini ialah peluang baik untuk mereka untuk lebih intensif,” ujar Kohler, seperti dikabarkan Automotive News, Rabu (5/2/2014).

Teliti Laporan Finansial
Untuk menjadi submaster atau master franchise, rekanan wajib menyediakan lahan dengan luas 30 m². Rekanan sub master dan master bakal memiliki bantuan administrasi, rekrutmen karyawan, pengelolaan penuh dari induk usaha. "Jadi sistem kerjasama ini mitra tidak perlu menjalankan operasional," ucap Kiki.

Apabila usaha berjalan sesuai rencana, pusat bakal mengutip biaya royalti hingga Rp 5 juta per bulan. Jasa rental di lokasi rekanan dikenai tariff sebesar Rp 275.000 per 12 jam dan Rp 350.000 per 24 jam untuk Avanza. Dan khusus untuk Innova biaya per 12 jam seharga Rp 400.000 sekiar Rp 500.000 per 24 jam.

Untuk paket master franchise, sasarannya bisa menyewakan kendaraan hingga 60 unit dalam satu hari dengan keuntungan harian sebeRp 18 juta.Setelah dikurangi beragam dana operasional, rekanan masih dapat memperoleh laba bersih hingga 20 persen.Dengan demikian balik modal ditargetkan sekitar satu sampai dua tahun. Kiki menyatakan, kelebihan tawaran ini yaitu manajemen pusat yang kreatif dalam mengelola bisnis di bidang otomotif.

Erwin Halim, pengamat bisnis dari Proverb Consulting mengungkapkan, bisnis rental mobil bandung sudah semakin menjamur. "Rekanan bisnis wajib mengamati apakah ada potensi armada akan laris setiap hari dengan menginvestasikan mobilnya dalam usaha ini," katanya. Selain itu, induk usaha juga harus bisa membuktikan terlebih dahulu proyeksi keuangan yang dijanjikan. (kompasdotcom)